Semua Punya Jalannya Masing-Masing

Iya. Semua punya jalannya masing-masing. Semua punya pilihannya masing-masing. Ini yang saya pelajari ketika saya sudah berpisah dengan teman-teman kuliah saya.

Sekarang semua sudah berubah. Everything was chage. Tidak selamanya yang dulu bersama, sekarangpun juga harus bersama. Setelah lulus, semua kembali ke kehidupan mereka sendiri-sendiri. Termasuk saya. Semua kembali pada realita. Sekarang yang jadi prioritas adalah bagaimana melanjutkan kehidupan dengan usaha sendiri. Bagaimana membuktikan dengan orang tua kalau kita bisa menghasilkan sesuatu dan membanggakan mereka. Harusnya saya sudah ditampar sejak dulu.

Yasudah. Gak boleh egois. Gak perlu memvonis pilihan orang lain lebih buruk dari pada kita. Juga gak perlu memaksa orang agar sama dengan kita. Sudahlah.