Plaosan, imajinasi absurd-romantic

Pagi tadi ketika saya menyibak korden jendela kamar, tiba-tiba sekelebat bayangan candi muncul di hadapan saya. Duhhh..

Tetiba juga saya jadi ngebayangin, gimana kalau di depan rumah saya itu berdiri bangunan candi yang megah yang dikelilingi rerumputan hijau kaya rumput di lapangan di tipi-tipi itu hlo. Duhhh.. bisa guling-guling tiap hari.

Atau, tiba-tiba rumah saya berubah wujud jadi candi. Itu pecah. Tinggal di dalam candi. Jadi berasa hidup di jaman kerajaan dulu. Tiap hari pakai baju kemben yang dikasih blazer pakai jilbab. Kece.

Atau, tiba-tiba saya nemuin barang keramat, misal: foto. Ketika saya menatap foto yang wujudnya ala-ala foto lama kaya gitu, yang pinggiranya udah sobek-sobek, yang warnanya udah pudar, yang bau tanahnya nyengat banget. Seketika itu saya seperti tertarik ke masa lalu, saya jadi berada di dalam sebuah candi dan semua terlihat seperti di kamera lomo.

Atau, tiba-tiba ada yang ngebuatin candi buat saya, karena saking cintanya dia ke saya. Itu romantisnya pecah banget. Kaya yang dilakuin Rakai Pikatan ke Pramodyawardani, dua orang yang saling mencintai dengan latar belakang keluarga dan keyakinan yang berbeda. Rakai Pikatan yang dari keluarga Syailendra dengan agama Hindunya, dan Pramodyawardani dari keluarga Sanjaya dengan agama Budhanya. Kesungguhan cinta Rakai Pikatan itu pun terabadikan dalam bentuk candi yang dibangun di dekat kompleks Candi Prambanan, candi lambang cinta tersebut kemudian diberinama Candi Plaosan. Candi yang arsitekturnya perpaduan antara Hindu dan Budha. Cinta memang menyatukan perbedaan. Cerita cinta Rakai Pikatan ini kalau dibuat ftv back soundnya pasti pakai lagu Marcel yang Peri Cintaku. Itu pasti kece.

Duhhh. . imajinasi saya minta ampun.

IMG_0237

Ini first time saya ke Plaosan.

IMG_0137

Yang ini second time saya ke sini, dengan kaos barong yang sama seperti saat saya pertama ke sini, dan juga bersama orang yang sama. Tapi ini pas acara maen bareng temen-temen.

Advertisements

3 thoughts on “Plaosan, imajinasi absurd-romantic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s